Banjar Malaysia Dusun Penarukan Daya


Banjar Malaysia yang ada di Lombok Barat


emerintah Desa Kebon Ayu


 Liputan6.com, Lombok Barat: Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) i Provinsi Nusa Tenggara Barat, diawali kegiatan dialog Kepala BNP2TKI Moh Jumhur Hidayat bersama calon TKI, mantan TKI, keluarga TKI, jajaran pemda, perangkat kecamatan maupun desa, serta masyarakat peduli TKI di Desa Kebon Ayu, Gerung, Lombok Barat.

Menurut Kepala Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan TKI (BP3TKI) Komang Subadra, Desa Kebon Ayu dikenal sebagai basis TKI Kabupaten Lombok Barat yang bekerja di Malaysia dan Timur Tengah, khususnya Arab Saudi. "Tapi yang terbesar adalah ke Malaysia," jelas Komang. TKI asal Kebon Ayu kebanyakan bekerja di perkebunan Malaysia, sedang sebagian lain menjadi TKI Penata Laksana Rumah tangga (PLRT). Sementara untuk Arab Saudi, bagi TKI laki-lakinya bekerja sebagai supir dan untuk TKI perempuan menjadi PLRT.  Besarnya jumlah yang berangkat ke Malaysia dari desa ini, membuat desa ini dinamai Banjar Malaysia di Lombok Barat. Banjar Malaysia artinya Desa Malaysia.

Banyak TKI asal desa ini membangun rumah-rumahnya saling menyerupai saat bekerja di Malaysia. "Intinya mereka berupaya meningkatkan taraf hidupnya dengan membangun atau memperbaiki rumah," kata Komang. Menurut Komang, fenomena ini tidak terjadi pada TKI Kebon Ayu yang bekerja di Arab Saudi.

Komentar

Postingan Populer